Monday, September 29, 2014

Perlukah tes prestasi

Hallo :D

Tes prestasi merupakan bagian dari bentuk rangkaian pengukuran, jika di definisikan tes prestasi adalah tes yang di gunakan untuk mengukur seberapa besar pemahaman peserta tes terhadap materi yang telah di sampaikan. Oleh karena itu menurut saya tes prestasi perlu untuk di laksanakan, sebagai dasar acuan seorang guru/pengajar/dosen untuk bisa membuat materi selanjutnya agar bisa menyesuaikan terhadap kemampuan pemahaman para peserta tes.

Selain itu Robert L.Ebel(1979) mengatakan bahwa fungsi utama tes prestasi dikelas adalah mengukur prestasi belajar para siswa. Adalah suatu kesalah fahaman bila menggangap bahwa apa yang dapat dilakukan oleh tes prestasi hanya memberikan angka untuk dimasukkan kedalam rapor murid atau ke dalam laporan hasil studi mahasiswa. Sesungguhnya prosedur tes guna mengukur prestasi mengandung nilai-nilai pendidikan yang sangat penting,dimana tes membantu para guru/pendidik memberikan nilai yang valid dan akurat. Terdapat persepsi yang sangat kuat dalam diri siswa maupun mahasiswa dimana nilaiyang baik merupakan tanda keberhasilan belajar yang tinggi sedangkan nilai tes dianggap sebagai satu-satunya indikator yang mempunyai arti penting maka nilai itulah yang biasanya menjadi target usaha meraka dalam belajar.

Jadi, kesimpulannya adalah tentunya sangat perlu di adakannya tes prestasi. Namun tes prestasi tidak hanya di jadikan satu - satunya indikator penilaian namun bisa di jadikan sebagai motivasi juga untuk para peserta tes untuk mengejar pemahaman atas materi yang di sampaikan tersebut.

:D
 


Yoso Putro P
1125115074
Non Reg B 2011


Source :

No comments:

Post a Comment